Tugas ADT 2008
SISTEM ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN
KELAS B
ACHMAD FADHLIYANSYAH 510 6100 007
GRALA BAGUS AGDYAWAN 510 6100 093
HUSNUL HAKIM 510 6100 101
untuk download file full version sistem administrasi perpustakaan.doc
DEFINISI
Perpustakaan adalah sebuah tempat yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalangan akademisi. Dari pelajar SD hingga mahasiswa S3 tentunya sudah mengenal perpustakaan. Perpustakaan adalah tempat dimana banyak buku dikelompokan ( indexing, cataloging ) dan dipinjamkan ( sharing ) kepada anggotanya.
Dewasa ini teknologi yang paling pesat perkembangannya adalah teknologi informasi. Teknologi ini telah mengubah paradigma kehidupan manusia menjadi lebih simple. Kita menjadi lebih pelik terhadap waktu, efesiensi dan keefektifitasan proses. 3 faktor ini menjadi penting bagi manusia modern sekarang ini.
Hal itu menuntut para pengelola perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi untuk terus menerus mengikuti perkembangan dan mengambil keputusan untuk meningkatkan, mengembangkan dan memperbaharui setiap informasi yang disajikan guna menunjang service yang baik bagi para customer.
Dalam proses administrative tradisional kadang kala perpustakaan mengalami kesulitan dalam melakukan katalogisasi koleksi ataupun tracking koleksi yang dipinjam, adanya jeda waktu tunggu ( waiting time ) yang lama bagi para customer perpustkaan. Pengembangan teknologi system informasi adalah jawaban yang tepat untuk meringkaskan dan memudahkan proses administrative pada perpustakaan.
Untuk meningkatkan service kepada customer, dibutuhkan suatu system administrative perpustakaan yang mengintegrasikan semua data koleksi buku dan data member secara utuh. System yang dibangun akan menyangkut pendayagunaan komputer dan pengembangan infra struktur berbasis komputer. Semua ini nantinya akan menghasilkan suatu system otomasi administrasi perpustakaan yang simple, efisien dan efektif
untuk melihat DESIGN ERD
No
|
Problem / Requirement
|
Hasil Analisis | Desain Analisis | Keterangan |
---|---|---|---|---|
1
|
Data Store : D3 (Data Pemesanan) EPD : Pseudocode : IF user registered Cek buku Tandai buku yang akan dipesan ELSE Registrasi user ENDIF Input Design : Input : Judul Buku Output : Data Buku
|
DFD level 3 hal 32 EPD 3.1 hal 45 Input design hal 50 & hal 53 |
||
2
|
Data Store : D4 (Data Buku) EPD : Pseudocode : Koneksi IF user Request koneksi ENDIF Input : request koneksi Output : konfirmasi keterhubungan Searching Lokasi IF user Searching buku (masukkan keyword judul buku yang akan dicari) IF user registered Cek Lokasi (liaht lokasi buku) ELSE Register user ENDIF ENDIF Input Design : Input : keyword judul buku Output : Info Lokasi |
DFD level 3 hal 31 EPD 3.1 hal 44 Input design hal 51 |
||
3
|
Data Store : D2 (Data Peminjaman) EPD : 4.1 Cek tanggal harus kembali Output : Report List pelanggan yang terlambat mengembalikan buku (denda) {report per orang} |
DFD level 3 hal 32 EPD 3.1 hal 42 Input design hal 50 |
||
4
|
Data Store : D4 (Data Buku) EPD : Pseudocode : Koneksi IF user Request koneksi ENDIF Input : request koneksi Output : konfirmasi keterhubungan Searching Judul IF user Searching buku (masukkan keyword judul buku yang akan dicari) ENDIF Input Design : Input : keyword judul buku Output : Data Buku |
DFD level 3 hal 31 EPD 3.1 hal 42 Input design hal 50 |
||
5
|
Dengan tercakup semua fasilitas pada satu halaman form maka sistem lebih efektif dan efisien
|
|||
6
|
Data Store : D2 (Data Peminjaman) EPD : Pseudocode : IF user registered IF terlambat Hitung denda Total = denda + total pembayaran List peminjaman Konfirmasi ELSE Total = total pembayaran List peminjaman Konfirmasi ELSE Registrasi user ENDIF Input Design : Input : status keterlambatan Output : Jumlah denda |
DFD level 3 hal 32 EPD 3.1 hal 46 Input design hal 54 |
||
7
|
Input design hal 50 Dalam form user ada fasilitas untuk melihat koleksi buku baru |
|||
8
|
Data Store : D1 (Data Member) EPD : Pseudocode : cek status keanggotaan IF user Cek no_indentitas IF tidak ada Pemberitahuan kalau belum jadi member ELSE Pemberitahuan kalau user sudah member ENDIF ENDIF Input Design : Input : No Identitas Output : Konfirmasi sudah jadi anggota atau tidak |
DFD level 3 hal 30 EPD 3.1 hal 42 Input design hal 51 |
||
9
|
Setiap buku yang dipinjam akan disimpan seluruh identitas peminjam baik yang sedang meminjam atau yang telah meminjam pada database
|
|||
10
|
Input design hal 50 Dalam form user ada fasilitas untuk melihat koleksi buku yang sering dipinjam |
|||
11
|
Data Store : D1 (Data Member) EPD : Pseudocode : registrasi (isi data member) IF NOT registered register user (isi data diri) ENDIF Input Design : Input : data member Output : no kartu anggota |
DFD level 3 hal 30 EPD 3.1 hal 42 Input design hal 51 |
||
12
|
Data Store : D2 (Data Peminjaman) EPD : Pseudocode : IF user registered List pemesanan Jumlah yang harus dibayar Konfirmasi ELSE Registrasi user ENDIF Input Design : Input : data harga buku Output : Jumlah yang harus dibayar |
DFD level 3 hal 32 EPD 3.1 hal 45 Input design hal 54 |
||
13
|
Data Store : D1 (Data Member) EPD : Pseudocode : cek status keanggotaan IF user Cek id_user IF tidak ada Pemberitahuan kalau belum jadi member ELSE Pemberitahuan kalau user sudah member ENDIF ENDIF Input : no Identitas Output : konfirmasi status keanggotaan isi data baru IF user resistered Input data ELSE register user ENDIF Input Design : – Halaman admin edit data member Input : data baru member Output : konfirmasi perubahan |
DFD level 3 hal 33 EPD 3.1 hal 47 Input design hal 52 |
||
14
|
System secara automatis melakukan back up pada database
|
|||
15
|
Input design hal 50 Setiap buku di sistem mempunyai resensi, resensi akan tampil saat user melihat data buku |
REPORT DESIGN |
---|
BUSINESS PROCESS SYSTEM
Identifikasi Alternatif Sistem
– Daftar Alternatif Sistem
1. Menggunakan tool Open source
a. Perpustakaan hanya akan menggunakan aplikasi open office dalam menyimpan dan mengelola data perpustakaan.
Kompetitor : Telah banyak perpustakaan yang menggunakan sistem database yang telah sangat memudahkan bagi member perpustakaan maupun pihak perpustakaan.
b. Perpustakaan akan menggunakan sistem database berbasis desktop seperti .Net yang dikeluarkan oleh microsoft.
Kompetitor : Telah ada perpustakaan yang secara online dapat diketahui dan dipesan bukunya walaupun tidak langsung berada di perpustakaan.
c. Perpustakaan menggunakan sistem berbasis web namun tidak terhubung dengan jaringan yang luas, sebatas LAN di dalam perpustakaan itu sendiri.
d. Perpustakaan menggunakan sistem berbasis web yang terhubung dengan perpustakaan wilayah.
2. Menggunakan tools berlisensi
a. Perpustakaan hanya akan menggunakan aplikasi microsoft excel dalam menyimpan dan mengelola data perpustakaan.
Kompetitor : Telah banyak perpustakaan yang menggunakan sistem database yang telah sangat memudahkan bagi member perpustakaan maupun pihak perpustakaan.
b. Perpustakaan akan menggunakan sistem database berbasis desktop seperti java yang kini bias digunakan pada berbagai sistem operasi.
Kompetitor : Telah ada perpustakaan yang secara online dapat diketahui dan dipesan bukunya walaupun tidak langsung berada di perpustakaan.
c. Perpustakaan menggunakan sistem berbasis web namun tidak terhubung dengan jaringan yang luas, sebatas LAN di dalam perpustakaan itu sendiri.
d. Perpustakaan menggunakan sistem berbasis web yang terhubung dengan perpustakaan wilayah.
Menentukan pilihan/solusi sistem melalui analisis biaya dan manfaat
– Alternatif 1.a (menggunakan aplikasi microsoft excel dalam mengelola data)
Manfaat : Memudahkan pencarian apabila dibandingkan dengan perpustakaan yang belum terkomputerisasi.
Biaya : Biaya yang diperlukan hanya sebatas pembeliaan software microsoft office, dan termasuk di dalamnya pembiayaan bagi programmer makro pada excel (jika diperlukan)
– Alternatif 2.a (menggunakan aplikasi open office dalam mengelola data)
Manfaat : Memudahkan pencarian apabila dibandingkan dengan perpustakaan yang belum terkomputerisasi.
Biaya : Biaya yang diperlukan tidak ada atau free, karena aplikasi ini bias didonwload bebas di internet.
– Alternatif 1.b (Menggunakan sistem database berbasis desktop (dotNet)).
Manfaat : Dengan menggunakan sistem database, maka akan diperoleh keuntungan dalam penggunaan database yang mencakup kecepatan , efisiensi space (data tidak redundant), data akurat, lengkap, dan aman.
Biaya : database designer, programmer, biaya installasi tools dan software yang terkait di dalamnya.
– Alternatif 2.b (Menggunakan sistem database berbasis desktop (java)).
Manfaat : Dengan menggunakan sistem database, maka akan diperoleh keuntungan dalam penggunaan database yang mencakup kecepatan , efisiensi space (data tidak redundant), data akurat, lengkap, dan aman.
Biaya : database designer, programmer.
– Alternatif c (Menggunakan sistem berbasis web, namun belum terhubung dengan jaringan yang luas, hanya terbatas LAN di dalam perpustakaan itu sendiri).
Manfaat : Antar departemen dalam organisasi dapat terhubung dengan mudah, sehingga apabila terjadi perubahan atau masalah di salah satu bagian di perpustakaan, maka semua bagian lain yang terhubung dapat mengetahui.
Biaya : pemasangan LAN, dan setting koneksi jaringan LAN, hardware tambahan, tenaga ahli dan maintenance LAN.
– Alternatif d (Menggunakan sistem berbasis web yang terhubung dengan perpustakaan wilayah).
Manfaat : apabila buku yang dicari tidak terdapat di perpustakaan, maka akan ada rekomendasi tentang ketersediaan buku di perpustakaan wilayah yang lebih lengkap.
Biaya : pemasangan WAN, hardware tambahan, security (keamanan) jaringan, dll.
Lingkungan Sistem (asumsi) :
Perpustakaan berada di dalam kampus di mana penggunanya merupakan golongan mahasiswa dan dosen yang sebagian besar telah mengenal penggunaan teknologi terkini.
Seleksi Alternatif solusi :
1. Menggunakan sistem berbasis web, namun belum terhubung dengan jaringan yang luas, hanya terbatas LAN di dalam perpustakaan itu sendiri.
2. Menggunakan sistem berbasis web yang terhubung dengan perpustakaan wilayah.
Ternyata, setelah di diskusikan dengan client, disepakati bahwa solusi sistem adalah menggunakan sistem berbasis web yang terhubung dengan perpustakaan wilayah.
Referensi
PERPUSTAKAAN DIGITAL
Paradigma, Konsep dan Teknologi Informasi yang Digunakan
Imam Yuadi | Dosen Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Unair
MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DIGITAL
Sismanto, M.KPd.
Roadmap Perpustakaan Digital Iptek
Bambang Setiarso | Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI
Makalah Tugas Pelatihan Jardiknas Magelang
AUTOMASI PERPUSTAKAAN
Huda Saiful I.
Leave a comment